oleh

Apakah Air Kapal Pesiar Sehat Untuk Di Konsumsi

-Serba Serbi-158 views

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, berasal darimanakah air kapal pesiar yang kita minum, digunakan untuk mandi, mencuci ataupun untuk keperluan lainnya di kapal pesiar.  Apakah air kapal pesiar sehat untuk dikonsumsi..? Kapal Pesiar di jaman sekarang tidaklah sama dengan kapal pesiar jaman dahulu yang harus membawa air bergalon-galon dari pelabuhan untuk diangkut ke kapal. Kapal modern jaman sekarang mempunyai mesin khusus untuk mengubah air laut asin menjadi air minum segar dengan proses yang dikenal dengan desalinasi.

BAGAIMANA SISTIM DAN CARA KERJA DESALINASI

Proses desalinasi air kapal pesiar menggunakan flash evaporator atau osmosis. Flash evaporator merebus air laut dan mengembun kembali uap uap, menghasilkan air minum segar. Cara ini mirip dengan siklus air alami, dimana air laut dipanaskan oleh sinar matahari, naik seperti uap untuk membentuk awan, dan kemudian jatuh kembali ke bumi seperti hujan. Metode kedua, osmosis, menyaring air laut melalui membran halus untuk memisahkan air murni dari garam dan mineral lainnya. Kapal pesiar tidak menghirup air di dekat pelabuhan atau dekat dengan daratan, karena perairan pesisir paling banyak terkontaminasi.

Setelah melalui proses desalinasi, air disalurkan melalui tanaman mineralisasi, untuk ditambahkan sejumlah mineral. Hal ini diperlukan karena mineral sehat yang secara alami ditemukan di air minum telah hilang dengan desalinasi. Pada tahap ini, air juga diperiksa untuk membersihkan kotoran yag masih terkandung di dalam air tersebut. PH air pun juga dikoreksi. Air kemudian dikirim ke tangki penyimpanan besar-besaran di atas kapal pesiar. Di Grand Princess, misalnya, tangki penyimpanan ini menampung hingga 500.000 galon air tawar. Selanjutnya, air akan dialirkan ke sistem panas dan dingin.

baca juga  :  crew kapal meninggal gara-gara terjepit water tight door

Setelah air dialirkan melalui bak pencucian atau pancuran, dan digunakan oleh semua penumpang kapal pesiar atau awak kapal, maka harus air itu harus diberi obat lagi sebelum bisa dibuang. Semua kapal pesiar harus mengikuti peraturan yang ketat dalam pengolahan air limbah. Bahkan setelah perawatan, air tidak segera dilepas, namun disimpan di tangki penyimpanan khusus saat kapal tersebut mendekati pelabuhan.

Memang sebuah proses yang rumit, namun semuanya diperlukan untuk memastikan bahwa air yang akan dikonsumsi aman bagi kesehatan penumpang kapal pesiar dan lingkungan alam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Menarik Lainnya