oleh

Kapal tabrakan di Singapura, 5 orang hilang

-Serba Serbi-125 views

Peristiwa naas kapal tabrakan baru-baru telah terjadi di perairan Singapura pada Rabu (13/9) sekitar jam 4 pagi dini hari. Kapal tabrakan itu melibatkan kapal tanker Indonesia yang menabrak kapal keruk berbendera Dominika, lima orang diberitakan hilang dalam peristiwa tabrakan naas ini. Menurut keterangan Otoritas Pelabuhan Laut Singapura (MPA) kepada Reuters,  empat warga China dan satu Malaysia yang hilang semuanya berasal dari kapal keruk berbendara Dominika. Tujuh warga China berhasil diselamatkan dari kapal keruk yang terbalik setelah tabrakan dengan tanker itu.

Kapal tanker tersebut juga mengalami kerusakan. Sebanyak 26 kru warga negara Indonesia di dalamnya dilaporkan selamat. MPA mengatakan peristiwa kapal tabrakan ini terjadi sekitar pukul 00.40 pada Rabu, sekitar 1,7 mil laut baratdaya Sisters’ Island. Kapal keruk itu tengah transit di jalur barat, sementara kapal tanker Indonesia meninggalkan Singapura menuju jalur timur
Tanker itu diketahui bernama Kartika Segara dan kapal keruk Dominika bernama JBB De Rong 19.

Menurut situs navigasi kelautan, Kartika Segara adalah kapal tanker pembawa produk-produk minyak yang dibangun pada tahun 1998. Vessel Finder mencatat, saat insiden terjadi Kartika Segara hendak menuju Baubau, Sulawesi Tenggara. Tidak diketahui muatan di dalamnya.
Kapal ini memiliki panjang hingga 173 meter dan lambung 31 meter. Berat kotor tanker ini mencapai 22.809 ton. Menurut MPA, akibat tabrakan dengan kapal keruk Dominika, Kartika Segara mengalami kerusakan di bagian starboard bow namun kondisinya stabil. Saat ini kapal itu lepas sauh di Eastern Anchorage. Upaya pencarian tengah dilakukan oleh MPA. Kapal keruk yang terbalik telah ditarik dengan dua kapal tongkang ke wilayah dekat Pulau Senang. Belum disebutkan penyebab insiden tersebut. Namun MPA mengatakan peristiwa ini tidak mengganggu lalu lintas laut di Selat Singapura.

sumber : kumparan.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Menarik Lainnya