oleh

Kerja Kapal Pesiar Gratis

KERJA KAPAL PESIAR GRATIS

Sungguh mulia niat Pemerintah Provinsi Bali yang rencananya pada 2018 akan menanggung semua biaya 1.000  lulusan SMK di Bali untuk kerja kapal pesiar gratis, sebagai usaha untuk mengurangi kemiskinan.

“Pemerintah akan menanggung semua biaya baik itu biaya paspor, visa maupun tiket. Tidak usah memikirkan biaya, pemerintah yang akan menanggung 100 persen,”. Tegas Gubernur Bali Made Mangku Pastika disaat  kunjungan kerjanya ke sejumlah SMK negeri di daerah Singaraja, Kabupaten Buleleng, Selasa lalu.

Menurut Made, pemprov Bali akan mengalokasi anggaran untuk mengirimkan 1.000 calon tenaga kerja tersebut. Terutama kepada  siswa yang tidak mampu, sehingga diharapkan bisa memperbaiki ekonomi keluarganya.

Gubernur Bali juga memohon agar pihak sekolah terkait serius mempersiapkan siswa-siswanya untuk digembleng dan dilatih bekerja di kapal pesiar. Sehingga diharapkan ketika mereka lulus,  sudah siap untuk bekerja di kapal pesiar.

Baca Juga

“Saya minta sekolah mendata siswa yang miskin. Kalau mereka ingin bekerja di kapal pesiar, fokuskan mereka pada pendidikan tersebut. Tingkatkan juga keterampilan bahasa Inggris, dengan demikian mereka akan memiliki daya saing,” ujarnya.

PENINGKATAN KUALITAS DAN SKILL

Gubernur juga meminta agar para guru terus berupaya meningkatkan kualitas diri dan mengasah skills, serta menjadi tenaga pendidik profesional. Made juga meminta agar pihak sekolah membangun asrama yang diperuntukkan bagi para siswa maupun guru yang tinggalnya cukup jauh dari lokasi sekolah. Setelah melihat ternyata tanah disekitar sekolah tersebut cukup luas.

Dia juga meminta SMKN bisa membuka jurusan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasar. “Jangan sampai siswa tamat SMK menambah jumlah pengangguran. Kita rasionalisasi dan fokuskan pada jurusan yang dibutuhkan pasar,” tambahnya.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali TIA Kusuma Wardhani dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra. Berkesempatan mengunjungi enam SMKN di Kabupaten Buleleng yakni SMKN 1 Busungbiu, SMKN 1 Seririt, SMKN 2 Seririt, SMKN 1 Gerokgak, SMKN 2 Singaraja dan SMKN 1 Sukasada ( antara news)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Menarik Lainnya