oleh

Kisah kapal pesiar Achille Lauro yang terbakar dan tenggelam

Kapal pesiar Achille Lauro terbakar dan tenggelam ke dasar laut dekat Somalia pada tanggal 30 November pada tahun 1994. Kapal mewah besar itu memiliki sejarah mengerikan yang mencakup kematian dan terorisme sebelum tenggelam.

Archille Lauro dibangun di Willem Ruys oleh Royal Rotterdam Lloyd Line yang memakan waktu lebih dari 10 tahun. Kapal pesiar yang beratnya mencapai 24.000 ton kotor dan diluncurkan pada tahun 1947 itu, digunakan untuk mengangkut penumpang dan muatan bolak-balik dari Belanda ke Hindia Timur. Pada tahun 1960, kapal pesiar ini digunakan untuk membawa imigran ke Australia. Pada tahun 1965, perusahaan StarLauro membeli kapal tersebut untuk menambahkannya ke jalur pelayarannya.

Pada tahun 1971, kapal yang diganti nama menjadi Achille Lauro tersebut menabrak kapal nelayan Italia di Laut Mediterania, menewaskan satu orang. Sepuluh tahun kemudian, sebuah api di atas kapal juga telah menewaskan dua orang. Kejadian paling terkenal dalam sejarah Achille Lauro, terjadi pada tahun 1985, ketika dibajak oleh teroris Palestina yang menembak dan membunuh seorang penumpang Amerika, Leon Klinghoffer.

Baca juga  :  kapal tabrakan di perairan Singapura

Pada tahun 1994, kapal pesiar Achille Lauro  yang membawa 1.000 penumpang tersebut terbakar di dekat Horn of Afrika. Semua penumpang harus meninggalkan kapal setelah mengetahui kebakaran yang terjadi semakin membesar dan tidak bisa dikendalikan lagi. Sebuah tug boat sempat mencoba untuk menarik kapal tersebut ke pantai terdekat, namun justru terjadi ledakan hebat yang menyebabkan dua orang meninggal. Akhirnya Achille Lauro terpaksa dibiarkan  tenggelam ke dasar laut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Menarik Lainnya