oleh

Pelecehan seksual di kapal pesiar

-Serba Serbi-189 views

Selama pengalaman saya bekerja di kapal pesiar selama hampir 15 tahun, sudah banyak saya melihat kru kapal pesiar yang dipecat gara-gara melakukan pelecehan seksual baik itu terhadap sesama kru, maupun terhadap tamu. Kenapa itu bisa terjadi…?

Sebelum kita bahas lebih jauh, akan saya terangkan tentang  pengertian Sexual Harassment atau pelecehan seksual itu sendiri. Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan yang terkait dengan seks yang tidak diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal maupun fisik merujuk pada seks.

pelecehan seksual

Banyak orang khususnya kru kapal pesiar tidak mengerti dan menyadari bahwa pelecehan seksual itu tidak hanya sebatas berhubungan seks ataupun memegang bagian tubuh sensitif lawan jenis. Namun masih banyak hal yang mendasari adanya tindakan pelecehan seksual. Diantaranya adalah :

  • Lelucon yang mengarah ke arah seks atau pornografi, menggoda lawan jenis secara terus menerus mengenai hal-hal yang berkaitan dengan seks, baik secara langsung ataupun tidak langsung seperti melalui surat, SMS, maupun e-mail.
  • Melakukan penyiksaan secara verbal/ fisik akan hal-hal yang terkait dengan seks.
  • Dengan sengaja memegang ataupun menyentuh bagian badan tertentu dengan tujuan seksual.
  • Secara berulang kali berdiri dengan dekat sekali dengan sengaja, atau hingga bersentuhan badan
  • Memberikan hadiah atau meninggalkan barang-barang dengan maksud merujuk pada seks.
  • Secara berulang-ulang menunjukkan tindakan yang mengarah pada hasrat seksual.
  • Membuat, mengirimkan atau memajang  gambar-gambar, atau material lainnya yang terkait dengan seks yang melanggar etika.

baca juga : crew kapal pesiar dipecat

Hal-hal tersebut diatas adalah tindakan yang mengarah kepada pelecehan seksual yang harus kita hindari selama bekerja di kapal pesiar. Peraturan dan kebijakan perusahaan kapal pesiar khususnya RCCL mengenai pelecehan seksual adalah Zero Tolerance atau tidak akan ada ampun bagi kru kapal yang melanggarnya. Alias akan diberhentikan secara tidak hormat atau dipecat. Makanya kita sebaiknya berhati-hati dalam bertindak dan berperilaku meskipun mungkin mereka sudah seperti teman akrab, namun belum tentu semua tindakan kita akan diterima oleh mereka. Jadi lebih baik stay safe..dan keep everything’s right..!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Menarik Lainnya