oleh

Syarat Kerja Di Kapal Pesiar

Senang sekali bisa berbagi cerita melalu website ini. Tentunya sebagai seorang crew kapal pesiar sangat senang sekali saya bisa berbagi cerita maupun pengalaman yang saya dapatkan selama kerja di kapal pesiar. Bekerja di kapal pesiar itu adalah pengalaman unik dan sangat berharga yang mungkin hanya sekali seumur hidup. Cuma saya yakin pekerjaan ini bukanlah tepat untuk semua orang. Karena membutuhkan pengorbanan yang sangat besar dari segi lahir maupun batin. Apa saja syarat kerja di kapal pesiar..?

Mungkin dari kalian semua banyak yang bertanya bagaimana caranya bisa kerja di kapal pesiar bukan? Karena kalo diliat dari antusiasme dari komen maupun pertanyaan yang sering saya jumpai di medsos kebanyakan mereka sangat berkeinginan kerja di kapal pesiar tapi bingung harus mulai darimana.

SERIUSKAH ANDA INGIN KERJA DI KAPAL PESIAR..?

Nah.. untuk menjawab semua pertanyaan itu saya ingin menanyakan sekali lagi apakah kamu benar-benar dan serius ingin bekerja di kapal pesiar..? Karena bekerja di kapal pesiar itu sangatlah berat. Bukan hanya jauh dari keluarga selama berbulan-bulan kurang lebih 6-8 bulan, akan tetapi kamu juga harus bekerja selama 9-12 jam setiap hari secara kontinyu dan terus menerus tanpa mendapatkan libur seperti kalau kita bekerja di rumah. Kita akan cuma mendapatkan istirahat atau ‘break’ disetiap shift kerja sesuai dengan jadwal nantinya. Bagaimana? kamu siap.?

Oke..kalau kamu sudah siap akan saya jelaskan mengenai langkah-langkah yang harus ditempuh sebelum gabung bekerja di kapal pesiar. Apa saja syarat kerja di kapal pesiar.

SYARAT KERJA DI KAPAL PESIAR

1. Minimal lulusan SMU/ SMA

Untuk bisa bekerja di kapal pesiar setidak-tidaknya kamu harus merupakan minimal lulusan SMU/SMA. Ataupun bisa seatasnya D1,D3 bahkan sarjana ataupun sudah bekerja

2.  Berusia minimal 21 tahun

Bagi crew pemula atau yang baru pertama kali melamar untuk bekerja di kapal pesiar batasan umurnya adalah 21 tahun. Untuk batasan usia , masing -masing perusahaan mempunyai kriteria tersendiri. Ada yang membolehkan crew berusia 19 tahun. Tapi untuk RCCL usia minimal adalah 21 tahun dikarenakan mengikuti peraturan tentang pembatasan usia mengenai seseorang yang boleh minum alkohol di Amerika adalah 21 tahun. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini kamu bisa tanyakan langsung nanti di hiring partner masing-masing perusahaan perekrutan kapal pesiar.

3.  Mempunyai pengalaman kerja minimal satu tahun sesuai bidang kerja yang akan                      dilamar

Persyaratan ini berlaku khususnya bagi para pemula yang baru akan kerja di kapal pesiar. Untuk posisi tertentu yang membutuhkan skill dan ketrampilan tertentu, tentunya akan membutuhkan pengalaman yang cukup untuk memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

 1. Mempunyai PASSPORT dan VISA US ( C1D baca : Se Wan Di )

Tentu saja kamu harus mempunyai passport untuk bisa pergi ke luar negeri tidak cuma untuk bekerja di kapal saja. Jangan lupa passport yang harus kamu miliki haruslah paspor pelaut. Gampang kok. Paspor pelaut adalah paspor umum yg nanti di “pelautkan ” di syahbandar terdekat. Dengan hanya mengubah identitas pekerjaan kamu menjadi pelaut . Visa Amerika ( US Visa ) atau C1D adalah wajib dipunyai bagi crew yang akan melamar di kapal pesiar. Karena kebanyakan kapal akan berlayar menuju ke Amerika.

  2. Memiliki BST ( Basic Safety Training )

BST ( Basic Safety Training ) adalah latihan dasar keselamatan. Sertifikat BST ini bisa kamu peroleh dengan mengikuti training kurang lebih seminggu di Sekolah kemaritiman. Kalau di Semarang ada PIP, di Jakarta ada FOCUS dll. Sertifikat BST ini sangat penting sebagai syarat pembuatan passport dan buku pelaut nantinya.

 3. Mempunyai Buku Pelaut

Syarat kerja di kapal pesiar yang lain adalah mempunyai buku pelaut. Sebagai calon pelaut memang kita diwajibkan mempunyai buku pelaut. Sebagai bukti bahwa kita seorang pelaut. Buku pelaut bisa diperoleh di Syahbandar terdekat.

 4. Mempunyai Medical Report

Biasanya kalau sudah diterima interview oleh perusahaan kapal pesiar, kamu akan disuruh untuk mengecek kesehatan kamu dan membuat medical report sebagai bukti bahwa kamu dalam bekerja nantinya. Rumah sakit untuk membuat medical report ini biasanya ditunjuk oleh perusahaan masing-masing kapal pesiar.

Itu tadi syarat kerja di kapal pesiar. Nah.. Bagaimana? mudah kan. Siap untuk menghadapi interview ke kapal pesiar..?Semoga diterima bekerja di kapal pesiar yang diharapkan, dan semoga kamu siap jiwa dan raga untuk bergabung menjadi crew kapal pesiar. Ingat nenek moyang kita adalah seorang pelaut. Kita harus meneruskannya.

Bagaimana dengan kamu yang ingin mendaftar kerja ke kapal pesiar tapi belum mempunyai semua persyaratan diatas.?

Banyak  sekolah kapal pesiar yang bisa kamu jadikan pilihan. Pastikan sekolah kapal pesiar itu benar-benar bisa menyalurkan kamu ke kapal pesiar. Pilihlah paket pendidikan yang biayanya murah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Postingan Menarik Lainnya